Perjalanan Ke Dieng

3 Days

Menikmati Keindahan Alam dan Kehangatan Budaya di Dieng

Dieng, sebuah dataran tinggi yang terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah, tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memesona, tetapi juga kekayaan budaya yang memikat. Berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, Dieng menawarkan pengalaman wisata yang unik dan berbeda dari destinasi wisata lainnya di Indonesia. Mari kita telusuri keindahan dan pesonanya.

Keajaiban Alam Dieng

1. Kawah Sikidang

Salah satu atraksi utama Dieng adalah Kawah Sikidang, sebuah kawah berapi yang masih aktif. Anda dapat melihat uap panas yang bergejolak di sekitar kawah, memberikan nuansa misterius yang tak terlupakan.

2. Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Keindahan alam Dieng tidak lengkap tanpa kunjungan ke Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Kedua danau ini terkenal karena airnya yang berubah warna-warni tergantung pada cahaya matahari. Saat matahari terbenam, nuansa warna yang berbeda-beda menciptakan pemandangan yang memukau.

3. Gunung Prau

Untuk pengalaman mendaki yang menantang dan pemandangan spektakuler, Anda dapat memanjat Gunung Prau. Dari puncaknya, Anda akan disuguhi panorama pegunungan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit.

4. Puncak Sikunir

Puncak Sikunir adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit Dieng. Dari sini, Anda bisa menyaksikan lanskap Dieng yang indah dengan hamparan kebun kentang yang hijau dan gunung-gunung yang menjulang.

Keberagaman Budaya

  1. Festival Dieng Culture Festival (DCF) : Setiap tahun, Dieng menjadi tuan rumah acara budaya yang sangat terkenal, Dieng Culture Festival. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya, termasuk tari tradisional, pentas wayang, dan konser musik.
  2. Candi Arjuna : Dieng juga dikenal karena kompleks candi Hindu kuno yang terletak di sana. Candi Arjuna adalah salah satu situs penting yang merupakan warisan sejarah dan budaya.
  3. Upacara Adat : Dieng adalah rumah bagi masyarakat yang masih mempertahankan tradisi dan upacara adat mereka. Anda mungkin beruntung bisa menyaksikan salah satu upacara adat seperti Labuhan Dieng, sebuah upacara yang diadakan untuk menghormati dewa-dewa setempat.

Kuliner Khas Dieng

1. Jenang

Salah satu kuliner khas Dieng adalah jenang, sebuah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Jenang Dieng memiliki cita rasa yang khas dan biasanya disajikan dengan aneka toping seperti kelapa parut, gula merah, atau kacang.

2. Sikik

Sikik adalah semacam sate khas Dieng yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan pedas membuatnya menjadi camilan yang populer di daerah ini.

3. Gethuk

Gethuk adalah makanan penutup yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah. Rasanya manis dan kenyal, dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa.

Dieng adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang mencari petualangan alam yang menantang dan ingin merasakan kehangatan budaya Jawa Tengah. Dengan kombinasi keindahan alam yang menakjubkan, kekayaan budaya yang berlimpah, dan kuliner khas yang lezat, Dieng menjanjikan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya. Jadi, jadwalkan perjalanan Anda sekarang dan nikmati pesonanya!

Paket Sewa

Sudah Termasuk

  • BBM {Solar/ Bensin}
  • Jasa Sopir
  • Sewa Mobil

Tidak Termasuk

  • Biaya Tol
  • Biaya Parkir {Umum/Wisata}
  • Penginapan Sopir
  • Makan Sopir
  • Tips Sopir {Relativ}
From Rp1400000
/ Adult